Curug Cisarua Desa Sukamurni Garut Destinasi Wisata yang Terlupakan

GARUT – Panoramanya yang indah dan kejukan udaranya yang masih alami, membuat suasana alam di obyek wisata Curug Cisarua patut menjadi pilihan untuk berlibur.

Destinasi wisata yang terletak di Desa Sukamurni Kecamatan Cilawu ini i memberikan sungguhan pemandangan yang menyegarkan.

Curug Cisarua ini menjadi salah satu potensi tempat wisata yang membuat Desa Sukamurni menjadi Desa Wisata di Kabupaten Garut.

Bahkan, beberapa waktu lalu ketika ada kunjungan Wakil Gubernur Jabar, Kepala Desa Sukamurni menginginkan agar potensi wisata ini dapat dibenahi. Sehingga nantinya, Desa Sukamurni menjadi Desa Wisata di Kabupaten Garut.

Jika dilihat dari sarana dan prasarananya, obyek wisata Curug Cisarua ini belum terkelola dengan baik.

Beberapa fasiltas bangunan yang sudah pernah didirikan terlihat tidak terawat dengan baik.

Bahkan akses jalan masuk untuk menuju obyek wisata itu terbilang cukup sulit jika menggunkan kendaraan roda empat.

Salah seorang warga Ajat Sudrajat,32, mengaku, keberadaan Curug Cisarua kita kondisinya sepi pengunjung. Hal ini karena fasilitas dan jalan masuk ke Curug agak susah.

Menurutnya, pada 2019 silam, tempat wisata ini pernah dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar.

“Dulu sempat dikelola oleh masyarakat sekitar dan dibantu oleh pemerintah desa. Namun, terbentur anggaran menjadi penyebab terbengkalainya curug ini,” katanya.

Dia juga menjelaskan, setelah tidak dikelola oleh masyarakat, kemudian curug yang setinggi kurang lebih 30 meter ini dikelola oleh organisasi pecinta alam.

“Sempat juga dikelola oleh organisasi pecinta alam, lalu disini ramai dipakai untuk berfoto ataupun ngecamp disini. Namun, karena banyak kesibukan yang dialami, jadi terbengkalai lagi,” katanya.

Curug Cisarua ini memberikan pemandangan yang indah ketika kita berjalan dari area parkir sampai ke curugnya.

Dilengkapi dengan pemandangan hijau area persawahan dan perkebunan, sebetulnya Curug Cisarua menawarkan keindahan alami bagi para wisatawan.

Untuk mengelola Curug Cisarua, Kades Sukamurni pernah mengatakan bahwa Curug Cisarua akan dijadikan andalan wisata sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi warga desa.

Kades Sukamuni mengaku sudah mengirimkan surat kepada Pemerintahan Kabupaten Garut untuk menjadikanDesa Wisata dalam waktu dekat ini. Semoga ini cepat terwujud !  (cat/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *